Jumat, 30 September 2011

Korupsi dan dampaknya terhadap Perekonomian Indonesia

 Di negara kita tercinta Indonesia, sungguh memprihatinkan jika membicarakan masalah "korupsi" ...

Masalah korupsi di Indonesia sangat erat terkait dengan masalah birokrasi, buruknya penerapaan good governance, serta buruknya moral pelaku bisnis dan pejabat negara. Oligarki, atau tingkat kompetisi politik, yang terjadi di negara ini, masih relatif rendah, sehingga korupsi relatif lebih sulit untuk diberantas. Sebab kompetisi politik yang tinggi dapat menurunkan insentif dalam melakukan korupsi. Oleh karena itu, perlu langkah perbaikan yang lebih baik untuk mengatasi masalah korupsi ini, tidak hanya pada tahap instrumen perundangan yang mengikat pelaku, namun juga perbaikan moral pejabat negara, birokrasi dan good governance. Perbaikan ini diharapkan dapat menurunkan rent seeking bagi para pelaku korupsi ...

Korupsi sendiri menurut sudut pandang ekonomi disebut sebagai the misuse of public office for private gain. Sedangkan, beban yang ditanggung pelaku-pelaku ekonomi akibat korupsi disebut high cost economy. korupsi menyebabkan inflasi ongkos niaga, korupsi juga mengacaukan "lapangan perniagaan". Perusahaan yang memiliki koneksi dilindungi dari persaingan dan sebagai hasilnya mempertahankan perusahaan-perusahaan yang tidak efisien. Korupsi juga mengurangi kualitas pelayanan pemerintahan dan infrastruktur; dan menambahkan tekanan-tekanan terhadap anggaran pemerintah.

Berikut ini ada beberapa daftar kasus korupsi di Indonesia, yakni :

Indonesia yang dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat korupsi tinggi, memang sering mendapat sorotan soal kebocoran anggaran negara. Pada masa Orde Baru, korupsi tak banyak terungkap karena penguasa tertutup dan meredam kasus-kasus korupsi. Pada era reformasi, sistem pemerintah lebih transparan sehingga banyak kasus korupsi terbongkar. Bahkan, kasus korupsi terungkap bukan hanya di pemerintah pusat, tetapi banyak terjadi di daerah seiring dengan diberlakukannya desentralisasi anggaran. Banyak pejabat daerah menjadi tersangka kasus korupsi APBD. Walaupun demikian, tidak berarti ada perbaikan penanganan korupsi di Indonesia ..

Dari semua itu, tampak dengan jelas bahwa banyak dampak yang diakibatkan dari korupsi tersebut terhadap perekonomian Indonesia, yang meliputi :


1. Korupsi Mengurangi Nilai Investasi




Korupsi membuat sejumlah investor kurang percaya untuk menanamkan modalnya di Indonesia dan lebih memilih menginvestasikannya ke negara-negara yang lebih aman seperti Cina dan India. Sebagai konsekuensinya, mengurangi pencapaian actual growth dari nilai potential growth yang lebih tinggi. Berkurangnya nilai investasi ini diduga berasal dari tingginya biaya yang harus dikeluarkan dari yang seharusnya. ini berdampak pada menurunnya growth yang dicapai. Studi didasarkan atas analisa fungsi produksi dimana growth adalah fungsi dari investasi.


2. Korupsi mengurangi pengeluaran untuk biaya operasi dan perawatan dari infrastruktur

3. Korupsi juga turut mengurangi anggaran pembiayaan untuk perawatan fasilitas umum

4. Korupsi menurunkan produktivitas dari investasi publik dan infrastuktur suatu negara

5. Korupsi menurunkan pendapatan pajak

contoh yang menggegerkan pada sebelumnya, seperti kasus Gayus Tambunan, yang merupakan seorang pegawai golongan 3A, menggelapkan pajak negara sekitar Rp 26 miliar. Dengan demikian pendapatan pemerintah dari sektor pendidikan akan berkurang Rp 26 miliar, itu hanya kasus gayus belum termasuk kasus makelar pajak lainnya ...


Korupsi sangatlah memperbesar angka kemiskinan. Dimana keadaan ini wajar, dikarenakan program pemerintah yang tidak mencapai sasaran. Akibatnya, korupsi mengurangi potensi pendapatan yang mungkin di terima oleh si miskin.

Keadaan seperti ini, haruslah diberantas .. Dan kini pemerintah mulai sangat sadar akan bahaya korupsi yang telanjur mendarah daging, oleh karna itu terdapat suatu lembaga seperti KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Satgas Mafia Hukum, dan badan-badan otonom produk pemerintah lain yang memiliki tujuan yang sama, yakni memerangi korupsi. Di samping itu, juga terlihat bangkitnya kesadaran publik untuk melakukan kampanye anti korupsi mulai dari tiap individu, di mana-mana ..

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Korupsi
http://www.skripsi4u.com/articles.php?id=9&page=7
http://dwikiediccent.blogspot.com/


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar