Rabu, 14 Maret 2012

Apakah Topik itu ??

Pada postingan kali ini, tentu yang akan dibicarakan ialah mengenai TOPIK ..

1. TOPIK

Apa itu Topik ?

Terkadang kita sulit mengartikan dengan tepat, apa yang dimaksudkan dari kata "topik" tersebut .. namun tak perlu sulit mengartikan, tentunya topik itu ialah pokok pembicaraan dalam diskusi, ceramah, karangan, dan lain sebagainya. Juga dapat dikatakan sebagai bahan diskusi, seperti : masalah yg akan menjadi -- sidang DPA ke-4 tahun itu ialah “Pemerataan dl Pembangunan Regional dan Pedesaan” . Selain itu topik memiliki definisi lain, yakni hal yang menarik perhatian umum pada waktu akhir - akhir ini, ataupun dapat diartikan sebagai bahan pembicaraan. Sebagai contoh : 
  • ber-to-pik (menandakan "ada topiknya" juga "dengan topik")
  • me-no-pik-kan (yang berarti menyodorkan (mengambil) sebagai topik, contoh :  panitia ~ “Peranan Pemuda dl Pembangunan” dl seminar itu
  • pe-no-pik-an (menandakan proses, perbuatan, serta cara menopikkan)
TOPIK yang dimaksudkan terdapat didalam kalimat, nah .. dalam kalimat TOPIK, tentunya mengungkapkan gagasan utama atau gagasan pokok dalam paragraf yang bersangkutan. Untuk bagian ini merupakan bagian yang penting, karena selain berfungsi sebagai sarana mengarahkan sekaligus mengontrol pengembangan paragraf, juga menuntun pembaca untuk menelusuri paragraf. Karena kalimat topik merupakan kalimat yang terpenting, hendaknya merupakan kalimat yang efektif dan menarik, susunannya runtut dan logis, rumusannya tidak terlalu umum, dan juga tidak terlalu spesifik ..

okok ?? ...


2. SYARAT SEBUAH TOPIK

Next, berlanjut pada SYARAT SEBUAH TOPIK nih .. mempunyai syarat juga lhooo ! Dan yang menjadi syarat topik yang baik bisa ditinjau dari 2 segi, yaitu topik yang baik bagi penulis dan topik yang baik bagi pembaca. Hmmmm .. ya bagi penulis, topik yang baik yaitu berbasis pada kompetensi penulisnya yaitu sesuai dengan :
  • Bidang keahlian. 
  • Bidang studi yang didalami. 
  • Pengalaman penulis : pengalaman kerja, praktik dilapangan, penelitian, partisipasi dalam suatu kegiatan ilmiah. 
  • Bidang kerja atau profesi. 
  • Karakter penulis (baik, cerdas, inovatif, kreatif). 
  • Temuan yang pernah diteliti. 
  • Kualifikasi pengalaman: nasional, internasional. 
  • Kemampuan memenuhi tuntutan masyarakat pembacanya. 
  • Kemampuan memenuhi target kebutuhan segmen pembacanya, dan 
  • Temuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan pembacanya.
Dan untuk pembaca, topik itu baik jika layak dibaca. Artinya, topik tersebut dapat mengembangkan kompetensi pembacanya, yaitu sesuai dengan :
  • Tuntutan pembaca untuk mencapai target informasi yang diharapkan. 
  • Upaya pembaca untuk meningkatkan kecerdasan, kompetensi pengembangan akademik dan profesi. 
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi yang ditekuni pembacanya. 
  • Pengembangan dan peningkatan karier dan profesinya. 
  • Upaya mempertajam dan memperhalus rasa kemanusiaan serta daya nalarnya. 
  • Sesuai dengan kebutuhan informasi iptek yang diperlukan, dan lain-lain.
Bukan itu saja ya, jika ditinjau secara umumnya syarat topik yang baik meliputi :

1). Menarik untuk ditulis dan dibaca

Topik yang menarik bagi penulis akan meningkatkan kegairahan dalam mengembangkan penulisannya, dan bagi pembaca akan mengundang minat untuk membacanya.

2). Dikuasai dengan baik oleh penulis minimal prinsip-prinsip ilmiah

Untuk menghasilkan tulisan yang baik, penulis harus menguasai teori-teori (data sekunder), data di lapangan (data primer). Selain itu, penulis juga harus menguasai waktu, biaya, metode pembahasan, bahasa yang digunakan, dan bidang ilmu.

Setelah mengetahui syarat dari sebuah topik diatas, selanjutnya mari disimak pada point 3 .. siiiiiiiiiippp !


3. PEMBUATAN TOPIK

Ok .. ketika memasuki tahap pembuatan topik, sebuah topik harus terbatas. Pembatasan sebuah topik mencangkup : konsep, variabel, data, lokasi (lembaga) pengumpulan data, dan waktu pengumpulan data.
Topik yang terlalu luas menghasilkan tulisan yang dangkal, tidak mendalam, dan tidak tuntas. Selain itu, pembahasan menjadi tidak fokus pada masalah utama yang ditulis atau dibaca. Akibatnya, pembahasan menjadi panjang, namun tidak berisi. Sebaliknya, topik yang terlalu sempit menghasilkan tulisan yang tidak (kurang) bermanfaat bagi pembacanya. Selain itu, karangan menjadi sulit dikembangkan, hubungan variabel kurang jelas, tidak menarik untuk dibahas atau dibaca. Oleh karena itu, pembuatan topik harus dilakukan secara cermat, sesuai dengan kemampuan yang dapat diterima oleh pembacanya tentunya ..
Di dalam pembuatan topik ini, terdapat judul serta syarat dari sebuah judul tersebut .. yang mana masing - masingnya akan dijabarkan berikut ini :

  • JUDUL
Yang dimaksudkan dengan judul, merupakan hal yang pertama di baca oleh para pembaca .. maka untuk itu kita harus tetap memperhatikan judul dalam setiap penulisan karya ilmiah.

Baiklah .. jadi, judul ialah unsur penting dalam karya ilmiah, yaitu yang pertama kali dibaca dan yang menentukan apakah pembaca akan membaca karangan tersebut. Oleh karena itu, judul harus dapat memancing perhatian dan memberi informasi yang cukup banyak. Tidak jarang judul yang final baru ditentukan pada waktu penyelesaian karangan.

Untuk ciri ciri dari judul, dapat dilihat sebagai berikut :

1. Membayangkan isi karangan
2. Tidak terlalu panjang dan hemat kata
Judul yang terlalu panjang tidak akan dibaca dan judul yang terlalu pendek membingungkan pembaca. Karena itu, judul sebaiknya dibuat tidak lebih dari lima belas kata. Bila tidak dapat dibuat judul yang singkat, dapat ditambahkan sub-judul, yang dicetak dengan huruf yang lebih kecil.
Contoh:
HUBUNGAN KEPARAHAN MALOKLUSI DENGAN TINGKAT
KEBERSIHAN MULUT DAN KESEHATAN GUSI
Studi Epidemiologis pada Anak Sekolah Usia 12-14 Tahun Di DKI Jakarta

3. Spesifik dan jelas
Contoh judul yang kurang spesifik ialah:
PENGARUH ANTIBIOTIKA PADA BAKTERI

Dapat disimpulkan, bahwa judul hendaknya singkat tetapi akurat, dan juga bersifat umum agar dapat menarik perhatian pembaca. Selain itu, jangan pula judul terlalu umum sampai - sampai kehilangan makna ..

  • SYARAT SEBUAH JUDUL

Perlukah ??

Jawabannya tidak lain adalah IYA, atau pun TENTU .. sebab dalam judul itu, terdapat kriteria yang digunakan agar memenuhi syarat dari adanya sebuah judul. Judul yang baik tersebut, hendaknya bersifat :

Relevan dengan tema dan bagian-bagian dari tulisan tersebut, selain itu haruslah menimbulkan rasa ingin tahu orang lain untuk membaca tulisan itu (bersifat provokatif), serta tidak mempergunakan kalimat yang terlalu panjang atau jika judul terlalu panjang maka dapat dibuat judul utama dan judul tambahan (subjudul) ..








referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar