Kamis, 05 April 2012

Membedakan Ciri Tulisan Ilmiah Populer & Murni

Dalam Tulisan ilmiah,  terdapat perbedaan yang menjadi ciri dari masing masing tulisan ilmiah itu .. Memang pada dasarnya, setiap tulisan satu tidak sama dengan yang lain meskipun topik dan judulnya sama .. Dan untuk itu dapat dilihat apa apa saja yang termasuk dalam ciri tulisan ilmiah populer dan tulisan ilmiah murni .. Dimulai dari populer kemudian Murni,


1 ..

.. 2

3 ..



cekidooot ..




Ciri & karakteristik tulisan ilmiah populer nyah :
  1. Adanya pesan yang dipergunakan untuk menarik perhatian pembaca, yang dapat juga dikatakan bersifat persuasif. Hal ini disebabkan karena pada umumnya pembaca yang ditargetkan ialah umum atau bukan spesialis di bidang ahli mengenai topik bahasan yang ditulis.
  2. Isi tulisan diusahakan untuk memikat pembaca agar yang bersangkutan tetap terus membaca tulisan tersebut sampai selesai.
  3. Penulis melakukan kontekstualisasi data hasil riset ke dalam tulisan tersebut sehingga data dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca umum.
  4. Bahasa yang dipergunakan bersifat umum dan tidak menggunakan terminologi khusus yang hanya dipahami oleh ilmuwan atau kelompok tertentu.
  5. Biasanya struktur kalimat yang dipergunakan ialah kalimat aktif.
  6. Gaya penulisan tidak baku.
  7. Umumnya, informasi dipaparkan dalam bentuk narasi.
  8. Uraian dipaparkan ke dalam bentuk umum yang dapat menarik, balk aspek intelektual pembaca maupun menyentuh emosi pembaca yang bersangkutan.
  9. Secara implisit, kadang mengandung pesan tertentu berupa keinginan penulis agar pembaca melakukan tindakan tertentu.


Ciri & karakteristik tulisan ilmiah murni nyah :
  1. Penulis berusaha memaparkan data apa adanya secara objektif.
  2. Temuan kajian ditulis dalam bentuk sistematis, terstruk-tur, dan baku.
  3. Penulis banyak menggunakan bahasa dan terminologi khusus atau disebut “jargon ilmiah” yang hanya dapat dipahami oleh ilmuwan yang sama bidang ilmunya dengan pokok bahasan yang ditulis.
  4. Umumnya, menggunakan struktur kalimat pasif.
  5. Gaya penulisan yang dipakai bersifat baku.
  6. Tulisan digunakan untuk memaparkan informasi dalam bentuk khusus yang hanya digunakan untuk menarik kemampuan intelektual pembaca.
  7. Tulisan bersifat bebas dari opini penulis.
  8. Terdapat jarak antara penulis dengan hal-hal yang dikaji.





Referensi :
Pintar Menulis Karangan Ilmiah  Oleh Jonathan  Sarwono

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar